5 Tips Untuk Tetap Sehat di Musim Hujan

5 Tips Untuk Tetap Sehat di Musim Hujan
Musim penghujan sedang berlangsung, ketahanan tubuh seseorang tidak menentu, perlu kehati-hatian agar tetap fit di musim penghujan seperti saat ini. Apakah yang hendak kita lakukan agar tetap terjaga di musim penghujan?

Berikut 5 tindakan agar tetap fit di musim penghujan.

1. Istirahat yang cukup


Tentu saja, karena istirahat yang cukup dibutuhkan  untuk memulihkan kondisi tubuh, setelah lelah beraktivitas selama seharian. Tidur selama – 8 jam sehari akan sangat baik, karena dapat menjaga daya tahan tubuh tetap prima.

2. Makan ¬ makanan yang bergizi

Makan makanan yang bergizi juga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh selama musim penghujan, agar tetap fit. Daya tahan tubuh yang menurun selama musim penghujan, bisa jadi dikarenakan tubuh kekurangan vitamin, atau kurang serat.
Untuk itu dianjurkan untuk makan buah – buahan, seperti apel, wortel, pisang, dan lain-lain. Buah – buahan yang cerah akan membantu tubuh kita untuk meningkatkan energi. Selain itu, makananlah makanan yang mmenuhi zat yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, protein, dan mineral.

3. Berolahraga
Hujan tentu bukan halangan untuk berolahraga bukan? Jika kita biasanya melakukannya di luar rumah, saat hujan kita melakukannya di dalam rumah. Olahraga yang rutin sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Selain itu dengan olahraga akan membuat tubuh kita menjad “panas”, sehingga akan membentengi diri kita akibat suhu dingin yang dikarenakan hujan. Kita bisa melakukan senam, dengan menyetel kaset / VCD tutorial di rumah. Atau berolahraga dengan alat – alat olahraga di rumah atau bisa dengan cara lainnya.

4. Minum suplemen vitamin

Jikalau hal – hal di atas sudah dilakukan, tak ada salahnya kita menambah dengan meminum suplemen vitamin. Tentunya dengan takaran / dosis yang tepat. Pilih suplemen vitamin yang tepat agar sesuai dengan kondisi tubuh. Utamakan, mengkonsumsi vitamin yang banyak mengandung vitamin B yang lengkap juga vitamin D

5. Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan adalah hal yang tak kalah penting untuk menjaga diri kita agar terhindar dari penyakit, dan tetap sehat selama musim penghujan. Biasakan mencuci kaki dan tangan menggunakan sabun sebelum makan. Segera mandi jika kehujanan / habis turun ke air banjir. Segera bersihkan rumah apabila terkena banjir.

Baca Juga ini:

No comments:

Post a Comment

Silahkan comment