Tetap Sehat dan Bugar di Musin Hujan

Ketika musim tiba, sejumlah aktifitas terhalang dan terhambat disebabkan oleh hujan dan rasa dingin sehingga bermalas-malasan.

Jika musim hujan tiba, saatnya menjaga kesehatan dan mempersiapkan segala sesuatu agar terhindar dari gangguan kesehatan seperti pencernaan, mengupayakan badan tetap fit dan bugar. Nah bagaimana caranya agar tetap fit dan bugar? ikut langkah berikut.

Menjaga nutrisi dan asupan gizi setiap hari
1. Hal ini adalah yang paling penting, tidak memakan makanan yang telah dihinggapi oleh lalat. Hindari masakan berminyak.  Dengan kecukupan gizi dan kekebalan tubuh yang meningkat, kuman dan virus tidak dapat menyerang tubuh. gizi yang baik tentunya dapat diperoleh dari makanan 4 sehat 5 sempurna.

2. Siapkan jas hujan atau payung
Disaat anda kehujanan di jalan lekas memakai jas hujan  atau payung. Ingat, pakailah jas hujan yang pas dan nyaman serta sesuai kebutuhan.

3. Menjaga kebersihan dan suhu tubuh
Kebersihan dimusim hujan perlu ditingkatkan, meletakan barang-barang pada tempatnya, agar jamur pun tidak dapat berkembang. Gunakan anti nyamuk dimalam hari meskipun tak terlihat nyamuk, hal ini bisa saja terjadi nyamuk masuk atau berkembang di dalam kamar, karena cuaca dan dan suhu yang dingin. Selain menjaga kebersihan, suhu tubuh pun perlu diperhatikan, mengupayakan memakai air hangat disaat mandi pagi, agar suhu tubuh tetap stabil dan normal tidak mudah terserang penyakit.

Bawa jaket atau sweater.
Saat musim hujan biasanya suhu akan menjadi lebih dingin. Agar terhindar dari kedinginan atau masuk angin, Anda perlu membawa jaket atau sweater yang nyaman yang dapat menghangatkan tubuh Anda.

Berolahraga ringan.
Berolahraga adalah penting untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sebabnya Anda perlu meluangkan waktu melakukan olahraga paling tidak olahraga ringan seperti jogging atau jalan-jalan. Dengan kegiatan ini, jantung Anda akan dapat menyuplai oksigen ke seluruh tubuh dan mengontrol tekanan darah menjadi stabil.

Tips merupakan acuan agar tetap sehat dan bugar meskipun di hujan.


Baca Juga ini:

1 comment:

  1. Mempunyai dan memiliki tubuh yang sehat tentu harus dipunyai, agar setiap aktivitas lancar. Tapi masalahnya terkadang malas menjaga tubuh dan ga ada waktu untuk olahraga. Nah, sebenarnya kembali ke diri masing-masing, harus punya motivasi dulu gimana caranya agar bisa punya tubuh yang sehat. Pasti kedepannya lebih semangat untuk menjaga tubuh.. :) Budokter.com

    ReplyDelete

Silahkan comment