Gerakan Dasar Senam Ibu Hamil

Sebelum ke jenjang selanjutnya, ibu hamil perlu mengetahui dan mengikuti senam dasar ibu hamil.  Dan paling penting, manfaat dari senam dasar ibu hamil. Namun kali ini saya membahas mengenai senam dasar dari senam kehamilan.

Ada enam gerakan senam untuk ibu hamil yang dapat di lakukan sendiri di rumah, gerakan ini bisa Anda lakukan kapan saja dan dapat disesuaikan dengan rutinitas Anda di rumah.

1.  Duduk bersila dengan punggung posisi tegak, kedua lengan arahkan ke depan, dan posisi tangan berada di lutut. Lakukan gerakan ini sesering mungkin setiap kali Anda santai.

2.  Lakukan posisi merangkak dengan lebar kedua telapak tangan sama dengan lebar antara kedua bahu Anda. Posisi Badan sejajar dengan lantai termasuk bahu dan bokong Anda. Tundukkan kepala Anda dan tahan beberapa saat, kemudian angkat kepala dan tahan beberapa saat. Lakukan terus hingga 8 kali.

3.  Posisi merangkak dengan kepala berada di sela kedua tangan. Kemudian, kepala menoleh ke samping kanan dan ke kiri. Turunkan badan Anda, sampai dada menyentuh lantai dengan merentangkan siku sejauh mungkin ke samping. Pertahankan posisi ini sepanjang 1 menit, lalu naikkan hingga 5 menit, 10 menit atau sesuai tenaga Anda.

4.  Posisi berbaring miring ke arah kiri (yakni arah punggung bayi), tempatkan lutut kanan di depan, lutut kiri tempatkan di belakang. Apabila Anda kesusahan, gunakanlah bantuan bantal.

5.  Posisi berbaring miring, tekuklah ke-2 lutut dan ke-2 lengan. Gunakanlah bantal di bawah kepala serta bawah perut supaya perut tidak menggantung. Atur napas serta tenangkanlah pikiran.

6.  Posisi berbaring telentang. Sembari memegang ke-2 lutut dengan ke-2 tangan. Pada saat posisi ini, Anda bisa membuka mulut secukupnya, menarik napas sedalam mungkin, serta mengembuskannya. Kerjakan tenaga mengejan layaknya saat Anda buang air besar, gerakkan badan ke bawah serta ke depan, kembalil lah ke posisi awal apabila Anda merasa capek. Ulangilah gerakan ini 3-4 kali setiap 2 menit.

Still enjoy deh bunda-bunda hamil... semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa baca artikel yang lain.

Baca Juga ini:

5 comments:

  1. salam kenal ya...

    artikelnya menarik BGT...

    kira-kira ada g instruktur senam hamil yang privat?? dan model baju senam apa ya yang cocok?

    Thks...

    ReplyDelete
  2. salam kenal sis ... . . . .klo untuk mendapatkan hasil yg maksimal dari senam ini sebaiknya dilakukan berapa hari sekali ya .... ... .. .dan klo untukbaju senam terbaru yg bagus untuk senam ini itu model apa ya . . . .Terima kasih Sis

    ReplyDelete
  3. bagus artikelx sis,,,, jenis senam apa ya yg tepat untuk ibu2 hamil??? trus apakah ibx hamil ada perlengkapan khususx, klo toko baju senam kusus wanita tau sis ???

    ReplyDelete
  4. Salam kenal...
    Artikel yang menarik... Kalau boleh tau,,, apakah ibu hamil diperbolehkan melakukan gerakan senam dengan dengan iringan musik yang menggunakan ritme tinggi? dan apakah ada baju senam body image khusus untuk ibu hamil?
    Thanks... :)

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Gan. . .apakah ketika senam hamil ada pakaian olahraga khusus yang di tentukan? terimakasih.

    ReplyDelete

Silahkan comment