Manfaat Olahraga Renang bagi Kesehatan Tubuh

Olahraga renang sangat baik buat kesehatan tubuh kita. Maka tidak ada salahnya memilih olahraga ini sebagai salah satu olahraga faforit bagi anda.

Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang dan terbilang minim risiko cedera fisik, karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung.

Dengan olahraga renang akan membuat anda merasa segar dan bugar kembali. Berikut ini ada beberapa manfaat renang bagi kesehatan tubuh antara lain:

1. Mengurangi tingkat obesitas tanpa perlu melakukan olah raga extra keras.

Berenang bisa menurunkan kadar obesitas meski hanya dilakukan sambil refreshing dan melakukan aktivitas lainnya bersama keluarga atau dengan teman-teman lainnya. Berkurangnya tingkat stress dan banyak aktivitas lapangan yang dilakukan tanpa disadari ini ternyata mampu membakar kalori lebih efektif dan juga membuat sirkulasi darah menjadi lancar.

2. Dapat mereduksi stress,menambah kekuatan otak, dan juga dapat berkhasiat untuk menambah daya tahan tubuh. Olahraga renang yang dilakukan dapat meningkatkan kekuatan otak dan syaraf. Hal ini disebabkan pada saat melakukan olahraga renang akan mengkonsumsi oksigen secara optimal.

3. Mampu membakar kalori sekitar 500-650 per jam tergantung pada seberapa efisien kita.

Pada awal penelitian pernah disimpulkan bahwa berenang mampu membakar sekitar 11 % kalori lebih sedikit daripada berjalan kaki tetapi hanya 3 % lebih sedikit kalori daripada bersepeda. Namun anda bisa membakar kalori yang lebih banyak dari berjalan kaki jika anda melakukan kegiatan berenang dengan keras sehingga manfaatrenang bisa anda dapatkan.

4. Meredakan Sakit punggung.

Semenjak berenang diketahui tidak meregangkan jaringan ikat tubuh, itu adalah olahraga yang baik terutama bagi orang-orang penyandang cacat. Berenang juga bisa membantu individu yang menderita nyeri kaki hingga punggung bagian bawah, arthritis dan osteoporosis.

5. Meningkatkan tinggi badan

Anak-anak dan remaja yang dalam masa pertumbuhan akan mendapat hasil yang luar biasa dengan berenang, karena olahraga ini akan membantu membangun otot dan membantu pertumbuhan tulang. Anak-anak yang berenang secara rutin telah diketahui tumbuh lebih tinggi daripada penambahan berat badan berlebih.

Itulah beberapa manfaat renang bagi kesehatan tubuh anda, makanya jangan takut untuk berenang sebab olahraga yang satu ini mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita dan juga merupakan olahraga yang dapat dilakukan bersama dengan anggota keluarga misalnya dengan rekreasi di pantai sambil berenang.

Baca Juga ini:

2 comments:



  1. Terima kasih atas artikelnya
    eh, ada yang mau bikin wahana air, kolam renang atau seluncuran ga?
    hubungi aja
    Kontraktor waterboom

    profesional banget deh pokoknya

    terimakasaih

    ReplyDelete

Silahkan comment