Manfaat Berolahraga di Pagi Hari

Berolahraga di pagi hari, berbeda ketika berolahraga di sore hari. Berolahraga di pagi mendapatkan udara yang sejuk dan segar.
Nah mari kita telusuri manfaat berolahraga di pagi hari.

Salah satu manfaat utama adalah ritme sirkadian. Ritme ini adalah siklus 24 jam dalam perubahan mental, fisik danperilaku, yang merespon terhadap cahaya dan kegelapan. Ritme ini membantu untuk tubuh agar rileks dan menjaga fungsi detak jantung teratur.

Kegiatan fisik yang kita lakukan memberi tekanan pada sendi tubuh, meski olahraga tidak dapat mencegah atau menyembuhkan osteoporosis. Berjalan, lari, joggging dan senam adalah olahraga yang dapat dilakukan sebagai pemula.

Penelitian menunjukkan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, berenang dan jogging membantu menjaga kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, stroke dan lainnya. Selain itu juga mengatur kadar gula darah sehingga mengurangi risiko terkena diabetes. Ini adalah fakta yang terbukti secara medis bahwa orang-orang yang tidak begitu aktif akan  lebih mudah terkena risiko penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang aktif secara fisik.

Tubuh yang sehat adalah pikiran yang rileks dan nyaman. Ketika kita berolahraga di pagi hari, paru-paru kita dipompa dengan udara   segar dan bersih. Lebih banyak oksigen dalam darah kita merangsang otak yang membantu untuk meningkatkan kesehatan mental.

Baca Juga ini:

No comments:

Post a Comment

Silahkan comment